Innalillahi! Mantan Wasekjen MUI, Nadjamuddin Ramly Meninggal

1
17
Innalillahi! Mantan Wasekjen MUI, Nadjamuddin Ramly Meninggal
Innalillahi! Mantan Wasekjen MUI, Nadjamuddin Ramly Meninggal

Ibadah.co.id – Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Mantan Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (Wasekjen MUI) Nadjamuddin Ramly meninggal dunia. Ketua MUI Cholil Nafis mengatakan bahwa almarhum wafat karena terpapar Covid-19.

Seperti dilansir cnnindonesia.com pada 21/2/21, mantan Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (Wasekjen MUI) Nadjamuddin Ramly meninggal dunia karena Covid-19.

Ketua MUI Cholil Nafis mengonfirmasi kabar duka tersebut. Cholil menyampaikan Nadjamuddin wafat pada Sabtu (20/2) malam.

“Ya (Nadjamuddin meninggal dunia). Beliau kena covid,” kata Cholil lewat pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Minggu (21/2).

Cholil menyampaikan Nadjamuddin meninggal dunia di Rumah Sakit Santo Borromeus Bandung. Ia sempat dirawat dalam beberapa waktu belakangan.

Usai wafat, Nadjamuddin langsung dimakamkan di Bandung. Cholil menyebut tak ada prosesi pemakaman karena Nadjamuddin meninggal sebagai pasien Covid-19.

“Ya (sudah dimakamkan semalam di Bandung). Pemakaman covid,” tuturnya.

Nadjamuddin merupakan tokoh agama dan akademik kaliber nasional. Ia aktif melakukan penelitian dan mengajar di Universitas Tadulako, Sulawesi Tengah.

Pada 2015-2020, Nadjamuddin bergabung dengan kepengurusan pusat MUI. Nadjamuddin saat itu dipercaya sebagai Wakil Sekjen MUI bidang Kerukunan Antar Umat Beragama.

Nadjamuddin juga pernah aktif di PP Pemuda Muhammadiyah. Ia juga sempat menjabat Wakil Ketua Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Dilansir detik.com pada 21/2/21, Eks Wasekjen Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Dr Nadjamuddin Ramly meninggal dunia. Nadjamuddin wafat di Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung karena COVID-19.

“Benar. Beliau wafat tadi malam di Bandung, setelah beberapa hari dirawat di Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung. Karena ICU penuh kemudian dirujuk ke RS lain, Beliau wafat karena COVID-19,” ujar Sekum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti, saat dimintai konfirmasi, Minggu (21/2/2021).

Nadjamuddin juga merupakan Wakil Ketua Majelis Lingkungan Hidup PP Muhammadiyah. Mu’ti mengatakan jenazah Nadjamuddin sudah dimakamkan di Bandung.

Mu’ti juga menyampaikan istri Dr Nadjamuddin juga meninggal dunia selang beberapa jam Nadjamuddin dinyatakan wafat. Istri Nadjamuddin juga meninggal karena COVID-19.

“Selang tidak terlalu lama, istri Dr Najamuddin juga wafat karena COVID-19 di Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung,” ucap Mu’ti. (RB)