Take a fresh look at your lifestyle.

- Advertisement -

Wapres Terima Silaturahmi Ketua Dewan Pakar PB Alkhairaat

0 57

Jakarta, Ibadah.co.id –Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menerima Wakil Ketua MPR RI sekaligus Ketua Dewan Pakar Pengurus Besar (PB) Alkhairaat Fadel Muhammad beserta jajaran pengurus PB Alkhairaat, di Istana Wakil Presiden, Jl. Medan Merdeka Selatan No. 6 Jakarta Pusat, Kamis (22/02/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Wapres menyampaikan arahannya kepada PB Alkhairaat untuk mendirikan pusat-pusat peradaban terutama di wilayah Timur Indonesia.

“Saya kira keberadaan Alkhairaat di Timur itu penting. Saya ingin adanya pusat peradaban Islam, Islamic Civilization Center. Alkhairaat bisa jadi pusat pengembangan pendidikannya, dan harus menjadi pusat peradaban yang memberi warna,” tegasnya.

Menurut Wapres, pusat-pusat peradaban tersebut akan membuat Islam semakin berkembang, untuk itu harus dibangun di tempat umat mencari ilmu atau pusat pendidikan.

“Pusat peradaban harus dibangun di pusat pendidikan seperti Alkhairaat, yang nantinya harus punya pengaruh sampai ke daerah Timur sana, hingga ke Papua, karena Timur masih memerlukan pengembangan,” ungkapnya.

Wapres pun menekankan bahwa pusat peradaban seharusnya tumbuh di setiap daerah agar bisa membangun muslim kaffah (seutuhnya) yang memegang komitmen kebangsaan sebagai bangsa Indonesia.

“Saya mendorong di daerah mana pun, di setiap provinsi agar memiliki pusat-pusat peradaban karena kepentingan membangun umat yang berdiri atas prinsip kebangsaan. Kita ingin kualitas umat yang tinggi melalui pusat peradaban,” harapnya.

Dalam pertemuan ini, dibahas pula rencana pelaksanaan Musyawarah Kerja (Mukernas) di Samarinda, Kalimantan Timur pada 26-28 Februari 2024. Namun, dikarenakan kegiatan tersebut bertepatan dengan agenda kunjungan kerja Wapres ke New Zealand yang telah dijadwalkan sebelumnya, Wapres akan membuka Mukernas Alkhairaat secara virtual.

“Saya senang sekali apabila hadir langsung, tapi waktunya bertepatan dengan kunjungan kerja,” ucapnya.

Sementara itu, dalam keterangan pers usai pertemuan, Sekretaris Jenderal PB Alkhairaat Jamaludin Mariajang mengungkapkan bahwa dipilihnya Samarinda menjadi kota pelaksanaan Mukernas merupakan wujud dukungan organisasi yang lahir pada 1930 ini terhadap Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

“Mukernas ini adalah tindak lanjut Muktamar 2023. Mukernas ini diselenggarakan di Samarinda karena berkaitan dengan respon keluarga Alkhairaat terhadap kencenderungan baru dengan adanya IKN dan kondisi sosio kultural kawasan Timur Indonesia dengan beragam suku bangsa dan sumber daya alamnya,” jelasnya.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Asgar Basir Khan, Hamdan Rampadio, dan Alamsyah Palenga.

Sementara, Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, M. Imam Aziz, dan Lukmanul Hakim.

Sumber : Wapres

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy