Sah! 60.000 Orang Terpilih Akan Tunaikan Ibadah Haji Tahun Ini

Sah! 60.000 Orang Terpilih Akan Tunaikan Ibadah Haji Tahun Ini
Sah! 60.000 Orang Terpilih Akan Tunaikan Ibadah Haji Tahun Ini

Ibadah.co.id- Ibadah haji 2021 siap dilaksanakan setelah Pemerintah Kerajaan Arab Saudi melalui Kementerian Haji dan Umrah menyatakan kesiapannya. Hal ini juga menyangkut tentang kesiapan lokasi pelaksanaan haji dan semua kebutuhan jamaah saat menunaikan haji.

“Kementerian Haji dan Umrah telah membuat rencana teknis dan strategis haji dengan menggandeng lebih dari 30 pihak mulai dari swasta, pemerintah dan pihak keamanan,” kata Abdulfattah Mashat, Deputi Kementerian Haji dan Umrah dilansir dari Arabnews, Kamis (8/7).

Mashat juga mengatakan bahwa lokasi yang akan menjadi tempat tinggal para jamaah seperti pemondokan dan hotel juga sudah siap. Lokasinya dipilih berada di sekitar Makkah agar dapat terintegrasi dengan baik guna menjamin keselamatan dan keamanan proses ibadah haji tahun ini.

Bukan hanya itu, Pemerintah Arab Saudi juga telah menyiapkan jaringan transportasi yang akan menghubungkan semua situs-situs haji. Tenda-tenda jamaah di padang Arafah dan berbagai fasilitas di Mina dan Muzdalifah telah dicek kesiapannya.

“Kondisi lingkungan tahun ini akan berbeda dengan musim haji tahun lalu. Tahun ini kondisi akan lebih sehat dengan menerapkan jaga jarak selama pelaksanaan haji. Tenda perkemahan lebih besar untuk memastikan sirkulasi angin untuk mengurangi berbagai risiko,” ujarnya.

Mashat juga memastikan bahwa jamaah yang melaksanakan haji pada musim ini belum pernah melakukan haji sebelumnya. Tercatat, 500 ribu orang yang mendaftar dikelompokkan berdasarkan umur dengan memprioritaskan kelompok umur 50 tahun dari seluruh bangsa yang tinggal di Arab Saudi.

Akhirnya, terpilih 60.000 jamaah yang berhak berhaji tahun ini, yang kemudian ditangani oleh 190 perusahaan yang menyediakan tiga jenis paket haji. Mereka akan mulai datang memulai haji pada 17 dan 18 Juli 2021.

Baca Juga : Banten Akan Miliki Asrama Haji Tahun 2022 di Tangerang

Adapun, bus haji yang biasanya memuat 50 jamaah, hanya akan membawa 20 jamaah pada tahun ini. Tahun ini, para jamaah juga diberikan Kartu Pintar yang akan memberikan informasi untuk membantu jamaah dalam mendapatkan pelayanan selama mereka berhaji. (EA)

Baca Juga : Jokowi : Wisma Haji Akan Dikonversi Jadi RS untuk Tangani Pasien Covid-19

3 COMMENTS