Jokowi : Wisma Haji Akan Dikonversi Jadi RS untuk Tangani Pasien Covid-19

Jokowi : Wisma Haji Akan Dikonversi Jadi RS untuk Tangani Covid-19
Jokowi : Wisma Haji Akan Dikonversi Jadi RS untuk Tangani Covid-19

Ibadah.co.id- Presiden Joko Widodo mengumumkan RS Wisma Haji dapat langsung dioperasionalisasikan pada Sabtu (10 Juli 2021) untuk menangani pasien Covid-19.

“Saya lihat semuanya dalam keadaan 99 persen siap sehingga besok pagi RS Wisma Haji ini sudah bisa dioperasionalkan,” kata dia, di RS Wisma Haji Jakarta, Jumat (9/7).

Ia menyampaikan hal tersebut seusai meninjau kesiapan Asrama Haji Pondok Gede yang diubah penggunaannya menjadi RS Wisma Haji bersama Menteri Agama, Yaqut C Qoumas.

“Pada siang hari ini saya bersama-sama dengan Pak Menteri Agama, melihat telah selesainya Wisma Haji yang akan kita konversi menjadi Rumah Sakit Wisma Haji bagi penanganan Covid-19,” kata dia.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Menteri Kesehatan, Budi Sadikin, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, beserta seluruh jajarannya.

“Yang telah bekerja keras dalam waktu lima hari untuk menyiapkan Wisma Haji dikonversi menjadi rumah sakit. Saya tadi sudah cek ke dalam peralatan RS, kemudian pergantian AC, kemudian pembangunan ‘lift’ untuk para pasien,” kata Jokowi.

RS Wisma Haji setidaknya menyiapkan 900 tempat tidur dan 50 tempat tidur ICU untuk menangani pasien Covid-19.

Jokowi juga mengajak seluruh masyarakat untuk menjadi relawan untuk membantu penanganan Covid-19 dan mendukung kerja para tenaga kesehatan, aparatur sipil negara (ASN), TNI dan Polri.

“Saya ingin mengajak kepada para mahasiswa, para pemuda dan pemudi, ibu-ibu PKK, kader-kader posyandu untuk bersama-sama, bahu-membahu, bergotong-royong menjadi sukarelawan, menjadi relawan dalam penanganan pandemi Covid-19 ini,” kata dia.

Selain RS Wisma Haji, pemerintah juga sedang mempersiapkan rumah susun Nagrak dan rusun Pasar Rumput sebagai lokasi isolasi mandiri pasien Covid-19 yang dapat menampung setidaknya 7.000 tempat tidur.

Pada Rabu (7/7), Jokowi juga telah meninjau langsung kesiapan rusun Pasar Rumput yang terdiri atas tiga menara.

Baca Juga : Presiden Jokowi Tinjau Asrama Haji Pondok Gede, Tempat Isolasi Covid-19

Berdasarkan data Satgas Covid-19, pada 8 Juli 2021 total kasus Covid-19 di Indonesia sudah mencapai 2.417.788 kasus dengan penambahan dalam 24 jam tercatat sebanyak 38.391 orang yang menjadi rekor kasus harian Covid-19 tertinggi di Indonesia sejak Maret 2020 lalu. Adapun kasus aktif tercatat sebanyak 359.455 orang.

Pasien sembuh bertambah sebanyak 21.185 orang sehingga akumulasi total yang telah sembuh adalah 1.994.573 orang.

Baca Juga : Ma’ruf Amin : Pentingnya Generasi Milenial Masuk ke Pasar Perbankan Syariah

Sedangkan mereka yang meninggal karena terpapar Covid-19 bertambah 852 orang sehingga total kematian akibat Covid-19 di Indonesia adalah 63.760. (EA)

Baca Juga : Resmi Dibuka! Begini Syarat dan Cara Pendaftaran Seleksi CASN Kemenag

1 COMMENT