Sertifikasi Halal Gratis bagi UMK, Kemenag Luncurkan Program Sehati

Sertifikasi Halal Gratis bagi UMK, Kemenag Luncurkan Program Sehati
Sertifikasi Halal Gratis bagi UMK, Kemenag Luncurkan Program Sehati

Ibadah.co.id – Kementerian Agama (Kemenag) RI meluncurkan Program Sertifikasi Halal Gratis atau Sehati bagi pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK). Bersama Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, peluncuran program berlangsung secara hybrid dan dipusatkan di Aula KHM Rasjidi Gedung Kemenag RI di Jl Thamrin, Jakarta dengan protokol kesehatan yang ketat dan tes Swab Antigen.

“Saya menyambut baik dan mengapresiasi program ini. Dalam suasana pandemi saat ini ketika iklim usaha sedang menurun, kehadiran sertifikasi halal gratis bagi UMK menjadi oase yang membangkitkan harapan,” ujar Menag dilansir dalam laman resmi Kemenag, Rabu (8/9).

Ia berharap, Program Sehati dapat menjadi pemantik semangat baru untuk bangkit dari keterpurukan akibat pandemi. Ini juga memberikan pesan untuk kita tidak meratapi nasib, namun menyalakan lilin untuk menerangi dan mengatasi semua kesulitan yang dihadapi.

Dengan sertifikasi halal, Menag memastikan pelaku usaha bukan saja memenuhi persyaratan kehalalan dan higienitas, namun juga meningkatkan image positif tentang penjaminan produk halal.

Menurut Menag, masyarakat dunia mengakui produk halal identik dengan kualitas dan higienitas. Sehingga, tidak heran jika pertumbuhan produk halal terus meningkat, bahkan menjadi gaya hidup global (halal lifestyle).

Baca Juga : Wamenag: Negara OKI Jadi Sasaran Bagus Produk Halal Nasional

“Program Sehati ditujukan kepada Usaha Mikro dan Kecil (UMK), karena sebagian besar belum memiliki sertifikasi halal. Melalui sertifikasi halal gratis ini, diharapkan makin banyak UMK yang bisa menembus pasar halal global,” tandas Menag.

Hadir, Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar Ali, Pelaksana Tugas Kepala BPJPH Mastuki, para staf khusus Menteri Agama, dan perwakilan sejumlah Kementerian. (EA)

Baca Juga : Tingkatkan Literasi Seputar JPH, Kemenag Akan Rilis Buku Saku Halal