Take a fresh look at your lifestyle.

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, PBNU dan BSI Teken MoU

0 9

Ibadah.co.id – Dalam rangka meningkatkan sekaligus pemulihan ekonomi masyarakat setelah covid-19, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Bank Syariah Indonesia (BSI).

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf dan Direktur Utama BSI Hery Gunardi, di Gedung PBNU Jalan Kramat Raya 164 Jakarta, pada Rabu (21/9/2022).

“Hari ini PBNU menandatangani MoU dengan BSI untuk membangun kerja sama dalam mengembangkan kapasitas ekonomi masyarakat,” ungkap Gus Yahya, usai melangsungkan penandatanganan nota kesepahaman itu. 

Gus Yahya mengharapkan agar kerja sama dengan BSI itu bisa berkembang. Sebab PBNU memiliki jaringan yang sangat luas, hingga ke tingkat desa. 

Lebih lanjut, Gus Yahya mengatakan bahwa kehadiran BSI merupakan strategi untuk melakukan akselerasi pembangunan ekonomi, khususnya di komunitas Muslim. Meski begitu, para penerima manfaat dari kehadiran BSI ini tidak hanya dari kalangan Muslim tetapi seluruh pangsa ekonomi yang ada. 

Hal tersebut sebagaimana pesan Presiden Joko Widodo saat mendirikan BSI yang diharapkan menjadi bank universal, sehingga bisa diakses semua pihak tanpa melihat latar belakang seseorang. “Kita berharap ke depan BSI bisa menyajikan produk perbankan unggul yang memberi keuntungan pada masyarakat dalam mengakses layanan keuangan yang ada,” harap Gus Yahya.

“Kita punya perbankan alternatif yang bisa memberikan keuntungan dan kemudahan bagi masyarakat,” tutur Gus Yahya. 

Sementara itu, Dirut BSI Hery Gunardi mengungkapkan rasa syukur atas kerja sama yang dijalankan bersama PBNU. Ia mengatakan, PBNU merupakan mitra strategis bagi BSI. Hery menegaskan, pihaknya akan menjadi bank syariah yang universal sekaligus modern dan inklusif terhadap semua kalangan, seperti yang dipesankan oleh Presiden Jokowi. 

“Inklusif bukan eksklusif. Kalau eksklusif membatasi gerak, apalagi Islam itu rahmatan lil alamin. Artinya BSI tidak membedakan nasabah,” ungkap Hery.

Walaupun demikian, Hery menegaskan bahwa BSI ingin dekat dengan masyarakat Muslim. Hal itu dibuktikan dengan upaya BSI pada tahun ini yang akan menggandeng pesantren untuk membangun ekosistem ekonomi. “Mudah-mudahan anggota NU nasabah kita semua,” harap Hery.

Lebih jauh ia menjelaskan, selama pandemi Covid-19 BSI justru mengalami pertumbuhan dan lebih punya daya tahan daripada bank yang lain.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy