Take a fresh look at your lifestyle.

Pesantren Hijau PBNU Mendapat Apresiasi Dari Walhi

1 14

Ibadah.co.id – Program Pesantren Hijau yang dicanangkan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)mendaptakan apresiasi dari Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi). Sebelumnya, PBNU secara resmi meluncurkan Program Pesantren Hijau yang bertujuan mencetak santri sadar lingkungan. 

“Saya kira kesadaran terkait lingkungan hidup bukan hal baru di NU. Pada banyak kesempatan Walhi kerap kali bersinggungan dan saling dukung dalam advokasi lingkungan hidup. Kami apresiasi program pesantren hijau dari NU,” kata kata Manajer Kampanye Eksekutif Nasional Walhi, Wahyu Perdana, Selasa (20/9/2022).

PBNU mengawali program Pesantren Hijau pada awal September ini. Ada beberapa pesantren yang ikut serta pada awalnya. NU ingin ke depan pesantrennya lebih banyak ruang terbuka dan hijau, dan para santrinya diajarkan untuk lebih sadar lingkungan.

Kemudian juga terdapat program pengelolaan sampah agar dapat mengurangi sampah berlebihan. Wahyu mengatakan program Pesantren Hijau diminta untuk tidak berhenti pada pengelolaan sampah saja.

“Secara lebih meluas, saya kira program pesantren hijau tidak hanya berhenti dalam program sampah. Lebih jauh lagi bisa menjaga ekosistem, konservasi wilayah air, perlindungan lingkungan, bicara tata guna lahan, dan lain-lain,” ucap Wahyu.

Adapun program Pesantren Hijau diinisiasi atas kerja sama antara Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) PBNU dan Bank Mega Syariah, bersama Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) PBNU serta Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) PBNU. 

Terdapat tujuh pesantren yang dilibatkan dalam program ini di awal peluncurannya, di antaranya Pondok Pesantren Mathlaul Anwar Linahdlatil Ulama (MALNU) Kompleks Syeikh Asrjad Menes, Pandeglang, Banten, Pesantren Zainul Hasan Genggong, Probolinggo, Jawa Timur, Pondok Pesantren Al Kinaniyah Jakarta, Pesantren Mahasina Bekasi, Jawa Barat, Pesantren Al-Mubarok Mranggen, Demak, Jawa Tengah, Pesantren Al-Hamidiyah, Depok Jawa Barat, dan Pondok Pesantren Al-Hamid Cilangkap, Jakarta. (AF)

Baca juga :Kisah Al-Busyiri Mengarang Shalawat Burdah dan Pertolongan Jubah Nabi

Sumber : Republika

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

1 Comment
  1. […] Baca juga : Pesantren Hijau PBNU Mendapat Apresiasi Dari Walhi […]

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy