Tingkatkan Kapasitas, BAZNAS Beri Pendampingan Intensif Kepada Saudagar ZSmart

Tingkatkan Kapasitas, BAZNAS Beri Pendampingan Intensif Kepada Saudagar ZSmart
Tingkatkan Kapasitas, BAZNAS Beri Pendampingan Intensif Kepada Saudagar ZSmart

Ibadah.co.id –Dalam meningkatkan meningkatkan kapasitas usaha dan pendalaman materi bagi saudagar Zmart, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) terus melakukan pendampingan intensif.

Pendampingan ini dilakukan pada Kelompok “Ceria”, salah satu kelompok binaan BAZNAS melalui program Zmart yang berada di Ciracas, Jakarta Timur. Mereka melakukan pertemuan rutin kelompok di salah satu rumah saudagar Zmart, Dewi Kusumawati, Minggu (11/4) lalu.

Melalui pendampingan ini, BAZNAS memngenalkan lebih mendalam seputar program Zmart bersama saudagar Zmart. Selain itu, para saudagar juga diingatkan bahwa mereka bukan hanya menerima bantuan program berupa renovasi warung dan bantuan barang usaha, namun juga mendapat bantuan pendampingan demi meningkatkan kapasitas usaha.

Setelah menerima bantuan, SaudagarZmart akan menjadi anggota Koperasi Saudagar Ritel Indonesia (SRI), di mana koperasi tersebut dibangun oleh mustahik dari mustahik dan kembali untuk mustahik.

Turut dilakukan pelatihan penguatan dalam penggunaan aplikasi Zmart Indonesia. Penguatan ini terkait cara memesan barang, membaca jenis dan harga barang, serta cara membayar barang yang dipesan ke Distribution Center (DC) Zmart Bogor. Selanjutnya disepakati kelompok ‘Ceria’ akan belanja ke DC Zmart Bogor setiap seminggu sekali dengan nominal pembelian sebesar Rp300.000.

Acara diakhiri dengan diskusi mengenai kegiatan sosial di bulan Ramadhan. Kelompok Zmart “Ceria” akan mengadakan kegiatan sosial dengan membantu masyarakat yang membutuhkan.

Diharapkan dengan adanya pendampingan intensif tersebut, dapat meningkatkan jiwa wirausaha dan jiwa sosial dalam diri Saudagar Zmart. (EA)

Baca Juga : Potensi Capai Rp300 Triliun, BAZNAS dan Bank Syariah Indonesia Sinergi Kelola Zakat