Pesantren Qolbun Salim: Gerakan Wakaf Al-Quran dan Pembangunan Pesantren

0
127

Ibadah.co.id – Qolbun Salim, yaitu pesantren yang mencetak kader pemimpin umat dan penghafal Al-Quran berlokasi di Kelurahan  Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari,  Kota Depok, Jawa Barat membuka gerakan wakaf Al-Quran dan wakaf pembangunan pesantren.

Pesantren Qolbun Salim didirikan pada tahun 2002. Awalnya, hanya sebuah tempat pengajian anak-anak di sekitar kampung Parung Kulon dari ba’da Magrib sampai Isya’ mengaji Iqra, al-Qur’an, dan kajian Islam dasar lainnya.  Kemudian, pada tahun 2016 dibangunlah pembangunan sederhana untuk TKA/TPA yaitu bangunan di depan rumah Ustadz Saefullah.

Pendiri dan Pengasuh Pesantren Qolbun Salim, Ustadz Saefullah MA mengatakan, pewakif dapat dua pahala sekaligus dengan wakaf sebesar Rp 100.000/Al-Quran.

Dirinya menyebutkan, adanya gerakan wakaf untuk membumikan al-Qur’an sekaligus menyiapkan kader qurani yang bersih dan mampu menjadi pemimpin umat di masa akan datang.

“Gerakan ini menargetkan agar setiap orang memiliki satu al-Qur’an sebagai langkah awal berinteraksi untuk membangun generasi Qurani yang mampu menjiwai al-Qur’an  dengan benar serta dapat mewujudkannya dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujarnya, dikutip dari Republika, Sabtu (11/07).

Selain dua program wakaf tersebut, Ustadz Saefullah menambahkan, menawarkan kepada kaum muslimin untuk berzakat, infak dan bersedekah. Adapun perinciannya, di antaranya: program zakat mal untuk pembangunan pesantren, program infak dari seluruh jamaah pengajian rutin, dan program sedekah melalui pembelian buku karya ilmiah yang berjudul “Atasi masalahmu dengan 7 S”.

Di samping itu, dia mengungkapkan, program sedekah pembelian kalender 2020,  program sedekah spontanitas jamaah ketika saya  mengisi pengajian di berbagai tempat, program sedekah untuk santri yatim, program sedekah untuk guru ngaji, dan program wakaf produktif (dalam tahap perencanaan).

“Sekarang ini,  jenjang pendidikan yang ada  di Pesantren Qolbun Salim adalah  TKA/TPA (Taman Kanak-kanak Alquran dan Taman Pendidikan Alquran), serta pengajian ba’da Ashar dan ba’da Maghrib,” tuturnya. (HN/Kontributor)