Take a fresh look at your lifestyle.

- Advertisement -

Kemlu Raih Kementerian Paling Promosikan Moderasi Beragama

0 40

Jakarta, Ibadah.co.id –Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik, Siti Nugraha Mauludiah, mewakili Menteri Luar Negeri RI terima penghargaan sebagai Kementerian yang paling aktif mempromosikan moderasi beragama melalui berbagai program diplomasi publik (20/12). 

Kementerian Luar Negeri dianugerahi penghargaan ini oleh Kementerian Agama RI karena dinilai telah sangat aktif mempromosikan  moderasi beragama melalui kegiatan Dialog Lintas Agama (DLA) dalam kerangka diplomasi publik sejak 2004.

Usai menerima penghargaan, Dirjen Siti Nugraha Mauludiah menyampaikan bahwa penghargaan ini menjadi pendorong Kemlu untuk lebih aktif lagi dalam menjalankan diplomasi Indonesia melalui program DLA. “Ke depan, kita akan berupaya untuk menjadikan Dialog Lintas Agama yang beyond conference.  Tidak sekedar dialog, DLA harus memberikan hasil nyata dan dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat”, ujarnya.

Penghargaan tersebut diterima Kemlu pada malam pagelaran budaya dan penganugerahan Moderasi Beragama Awards 2023, sebagai bagian rangkaian Konferensi ke-1 Moderasi Beragama Asia-Afrika dan Amerika Latin yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI bekerja sama dengan PBNU di dua tempat ikonik dan bersejarah, yaitu Gedung Merdeka (Gedung penyelenggaran Konferensi Asia-Afrika 1955) dan Hotel Savoy Homann, Bandung, pada 20-22 Desember 2023.

Setiap tahunnya, Kementerian Luar Negeri melaksanakan DLA dengan 3 hingga 4 negara mitra dialog. Sepanjang tahun 2023 telah terselenggara kegiatan DLA dengan Belanda dan Pakistan. tahun 2024 mendatang, Indonesia akan melaksanakan DLA dengan sejumlah negara mitra diantaranya Australia, Austria dan Italia.

Hingga 2023 Indonesia telah bermitra dengan 34 negara dalam penyelenggaraan DLA. Selain itu, di fora multilateral Indonesia kerap kali terlibat dalam berbagai ajang dialog lintas agama dan budaya, seperti Asia Pacific Interfaith Dialogue, ASEM Interfaith Dialogue, MIKTA Interfaith Dialogue, dan juga di R-20 (side event G-20).

Hadir dalam malam pagelaran budaya dan penganugerahan Moderasi Beragama Awards 2023 sejumlah perwakilan negara, antara lain Mesir, India, Malaysia, dan lainnya. Hadir juga, Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik Kemenlu, Dirjen Bimas Hindu, pimpinan Balitbang Diklat Kemenag, rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN), dan para Kepala Kanwil Kemenag Provinsi.

Baca juga :Muslimat NU Melalui NU Care-LAZISNU Kembali Salurkan Bantuan untuk Palestina

Baca juga : Dompet Dhuafa Gelar Indonesia Humanitarian Summit 2023

Sumber : Kemlu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy