Donasi Alqur’an Braille untuk Anis

0
92
Donasi Alqur’an Braille untuk Anis
Donasi Alqur’an Braille untuk Anis

Ibadah.co.id – Menghafal Alqur’an adalah salah satu anjuran dalam agama Islam. Amalan ini tak pandang status dan keadaan seseorang, mulai dari orang tak mampu hingga orang menengah ke atas. Begitu juga dengan adanya keterbatasan fisik yang dimiliki seseorang, tak mampu menahan keinginan untuk mengahafal Alqur’an. Salah satunya seperti Annis Wikhdari Nur Ilahi alias Anis.

Seperti dilansir republika.co.id pada 08/08/2020, gadis itu bernama Annis Wikhdari Nur Ilahi (23). Ia penyandang tunanetra sejak kecil, akibat musibah yang ia alami saat berusia enam tahun. Annis kala itu terjatuh di depan rumah gurunya, lalu mengalami demam tinggi yang merusak sel syaraf di kaki dan tangannya.

Meski memiliki kondisi fisik yang tidak sempurna, namun gadis asal Arjawinangun, Cirebon, Jawa Barat ini begitu bersemangat menjadi penghafal Alqur’an. Berbekal Al-Qur’an braille dan Alqur’an audio sebagai media belajar, ia memastikan makhrojul huruf yang ia hafal terlafalkan dengan benar.

Annis berkisah mengenai pesan almarhum ibunya sebelum meninggal yang meminta dirinya untuk mengkhatamkan Alqur’an. Berkat semangat dari sang ibu, sedikit demi sedikit Annis mampu menghafal Alqur’an. Juz 30 telah selesai dihafalnya. Saat ini, ia tengah berjuang menyelesaikan juz-juz lainnya.

“Ibu dulu sering mengajak saya menghafal Qur’an di musala kecil milik keluarga kami,” kenangnya.

Sejak sang ibu berpulang, Annis pindah menghafal Qur’an ke SLB A Beringin Bhakti yang berbasis Rumah Tahfidz dan berlokasi di Jalan Pangeran Cakra Buana, Kepongpongan, Talun, Cirebon. Selama di dalam asrama, Annis selalu mengulang-ulang hafalannya dengan Alqur’an braille.

“Di sini, Alqur’an braille terbatas, jadi harus gantian sama teman-teman,” kata Annis.

Kegundahan hati Annis atas minimnya Alqur’an braille untuk ia pergunakan sebagai fasilitas menghafal telah menemukan jalan keluar. Alhamdulillah, sebanyak 10 paket Al-Qur’an braille dan audio murattal hasil patungan para donatur SedekahOnline.com disalurkan oleh tim Laznas PPPA Daarul Qur’an Cirebon pada Senin (27/7) lalu. Wajah bahagia Annis dan teman-temannya terpancar saat mengetahui mereka mendapatkan tambahan Alqur’an braille untuk menghafal.

“Terima kasih para donatur SedekahOnline, terima kasih Daarul Qur’an, pemberiannya akan kami manfaatkan sebaik mungkin,” ujar pengajar Rumah Tahfidz, Rastini, saat menerima paket tersebut. General Manager SedekahOnline.com Gilang Ramadhan bersyukur bahwa penyaluran bantuan Al-Qur’an braille dan audio murattal kepada para santri tunanetra ini dapat terlaksana dengan lancar. “Alhamdulillah, kami sangat senang menjembatani kebaikan ini. Semoga banyak kebaikan-kebaikan lain yang bisa dihantarkan melalui platform kami,” pungkasnya. (RB)