Gus Yaqut : Pers Berperan Strategis Sebagai Akselerator Perubahan

5
55
Gus Yaqut : Pers Berperan Strategis Sebagai Akselerator Perubahan Bangsa
Gus Yaqut : Pers Berperan Strategis Sebagai Akselerator Perubahan Bangsa

Ibadah.co.id –Hari Pers Nasional yang jatuh pada tanggal 9 Februari kemarin, menuai banyak harapan dari berbagai pihak, salahsatunya Kementerian Agama RI. Gus Yaqut selaku Menteri Agama menyampaikan rasa terima kasih kepada pers nasional yang telah berkontribusi dalam penyebaran informasi, terutama terkait isu di Kemenag. 

Diketahui tema HPN 2021 yakni “Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers sebagai Akselerator Perubahan“. Menurutnya, peran dan fungsi pers sangat strategis sebagai motor dan akselerator perubahan bangsa, terutama dalam menangani pandemi Covid-19. 

Fungsi tersebut selaras dengan upaya Kemenag dalam menangani Covid 19, yakni berupa Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan 5M.

Gus Yaqut juga mengatakan, pers dan Kemenag hakikatnya memiliki misi yang sama untuk menciptakan kedamaian dan ketenangan masyarakat melalui infromasi yang faktual dan tidak menimbulkan konflik.

“Peran pers terbukti sangat vital dan strategis bagi Kemenag, kuncinya harus bersama-sama beradaptasi, berkolaborasi, bersinergi sehingga terciptanya ekosistem yang saling berinteraksi positif. Di saat pandemi, kita tidak mungkin bekerja sendiri-sendiri,” ujarnya.

Pers juga memiliki tantangan seiring kian masifnya perkembangan dunia teknologi informasi. Selain itu, pers juga berfungsi sebagai penjernih informasi di tengah maraknya berita bohong (hoaks) di masyarakat yang menimbulkan keresahan, sehingga harus diantisipasi.

 “Di sinilah tantangan insan pers nasional agar bisa beradaptasi sekaligus menjadi penjernih di tengah banjirnya informasi dari mana-mana,” ujar Menag.

Gus Yaqut juga berharap, melalui HPN 2021 ini dapat menjadi momentum kebangkitan insan pers di Indonesia. Meskipun tantangan yang dialami kian berat di tengah pandemi, namun dengan upaya berpikir keras serta berani melakukan terobosan, maka akan menemukan solusi terbaik. (EA)