Peduli Banjir Jakarta, NU Siapkan Posko dan Dapur Umum di Jatinegara

3
42
Peduli Banjir Jakarta, NU Siapkan Posko dan Dapur Umum di Jatinegara (tirto.id)
Peduli Banjir Jakarta, NU Siapkan Posko dan Dapur Umum di Jatinegara (tirto.id)

Ibadah.co.id –Sejumlah wilayah di DKI Jakarta dan sekitarnya terendam banjir akibat hujan deras yang melanda belakangan ini. Salah satunya, banjir merendam kawasan permukiman warga di Kelurahan Kampung Melayu dan Manggarai, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta KH Syamsul Maarif Kiai Syamsul menuturkan bahwa terdapat 1000 rumah terendam banjir di kawasan Jatinegara, Kampung Melayu dan Manggarai.  Melihat kondisi tersebut, NU membuka posko NU Peduli dan dapur umum bagi warga Jatinegara.

“Kemarin sore kita langsung buka posko NU Peduli dan dapur umum di Jatinegara, di Jalan Permata. Alhamdulillah Banser banyak banget di sini, teman-teman dari semua lembaga dan badan otonom NU DKI. Alhamdulillah kita serentak,” ujar Syamsul, Selasa (9/2)

Bantuan dapur umum bagi warga terdampak banjir terdiri dari makanan siap saji, beras, selimut, dan perlengkapan bayi. Hasil donasi didapat melalui iuran internal organisasi PWNU DKI Jakarta.

“Nah sekarang ini kita sedang mencari obat-obatan. Itu saja yang belum ada dan masih kurang. Karena ada banyak banget ini warga terdampak banjir, sekitar 1000 rumah,” sambung Kiai Syamsul. 

Diketahui sekitar 50 orang relawan yang didominasi oleh pasukan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) turun langsung membantu dan mendampingi warga terdampak banjir Jakarta dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Protokol kesehatan tetap (dipatuhi). Kita bawa masker juga dan bagi-bagi masker. Tadi saya keliling bagikan masker. Orang yang nggak pakai masker langsung di tempat kita bagi-bagi,” katanya.

Selain itu rencananya PWNU akan mengadakan tes swab kepada warga Jakarta yang terdampak banjir.

Kiai Syamsul menegaskan bahwa NU akan selalu membersamai masyarakat dalam situasi dan kondisi apa pun. Ia juga mengajak seluruh pengurus, kader, dan warga NU di Jakarta untuk bersatu-padu membantu masyarakat, terutama para korban banjir di Jakarta.

“Kita harus tolong-menolong. Terutama kami berharap, Pengurus NU di tingkat ranting dan MWC (Majelis  Wakil Cabang), dan tentu PWNU semua bersatu-padu bersama masyarakat, tokoh setempat, dan ikut punya kepedulian kepada masyarakat terdampak banjir,” tuturnya. (EA/NU)

Baca Juga : Gus Yaqut : Pers Berperan Strategis Sebagai Akselerator Perubahan