Visa Turis Arab Saudi Kini Bisa Dapatkan Melalui Online

Visa Turis Arab Saudi Kini Bisa Dapatkan Melalui Online
Visa Turis Arab Saudi Kini Bisa Dapatkan Melalui Online

Ibadah.co.id – Program Visi Arab Saudi 2030 menyebabkan kebijakan-kebijakan yang revolusioner bagi negara padang pasir tersebut. Melalui visi itu, Saudi membuka pintu-pintu yang semula stertutup. Termasuk turis laki dan perempuan boleh menginap di hotel tanpa ada surat nikah. Sedang yang beradaptasi pada dunia teknologi, Arab Saudi membuka pendaftaran visa online. Termasuk juga bagi mereka yang telah memegang visa dari Amerika Serikat, Inggris atau kawasan Uni Eropa.

Orang-orang dari negara lain yang memiliki visa turis atau komersial dari AS, Inggris atau negara Uni Eropa dapat mengikuti proses yang sama, dibanding mengajukan di kantor perwakilan Saudi di luar negeri dengan berkas tambahan.

Hingga kini orang asing yang datang ke Arab Saudi sebagian besar terbatas pada pekerja tetap, pelancong bisnis dan jemaah Muslim yang diberikan visa khusus untuk mengunjungi Kota Suci Mekah dan Madina.

Visa baru berlaku hingga satu tahun, dengan biaya sekitar 120 dolar AS termasuk biaya asuransi kesehatan dan memungkinkan berbagai kunjungan serta masa tinggal sampai tiga bulan.

Pasca pengumuman visa, pihak berwenang menerapkan aturan kesopanan publik yang melarang pakaian tak sopan dan bermesraan di ranah publik. (Ed.AS/ibadah.co.id/AN/reuters)