Indonesia Terpilih Pemberangkatan Umrah November, DPR RI: Akhirnya Terwujud

0
7
Indonesia Terpilih Pemberangkatan Umrah November, DPR RI: Akhirnya Terwujud
Indonesia Terpilih Pemberangkatan Umrah November, DPR RI: Akhirnya Terwujud

Ibadah.co.id – Indonesia masuk beberapa kategori yang diperbolehkan pemerintah Arab Saudi untuk mengirimkan jamaah umrah November 2021.

Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin menilai terbukanya jamaah umrah November di Arab Saudi memiliki arti bahwa Indonesia mampu menekan laju Covid-19 sehingga pemerintah Arab Saudi memberikan lowongan calon jamaah umrah.

Dibukanya kembali Ibadah Umrah tentu menjadi angin segar. Sehingga bisa simpulkan bahwa selama pandemi kita mampu beradaptasi,” kata Azis, dikutip dari RRI.

Dia mengungkapkan calon jemaah Umrah dapat mengikuti seluruh syarat yang diatur dalam Keputusan Menteri Agama atau KMA Nomor 719 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah pada masa pandemi Covid-19.

“Kebijakan mengenai ibadah ke tanah suci, diharapkan tetap mendapat pengawasan dan evaluasi, sesuai dengan perkembangan pandemi, baik di Indonesia maupun di Tanah Suci. Dimana, penerapan protokol kesehatan secara efektif mampu menurunkan resiko penularan Covid-19,” terangnya.

Aziz juga meminta Kemenag untuk melakukan sosialisasi jamaah baik pemberangkatan maupun sudah sampai di Arab Saudi agar nantinya memenuhi persyaratan umrah.

“Saya yakin Kemenag telah mengidentifikasi permasalahan sekaligus rumusan mitigasi dalam pelaksanaan ibadah Umrah dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK),” jelasnya.

Dia meminta kepada Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) untuk menyusun agenda pemberangkatan calon jamaah umrah yang sempat tertunda yang diakibatkan pandemic agar tidak ada kegelisahaan kepada jamaah umrah.

“Kemenag harus mampu memberikan kepastian keberangkatan calon jemaah haji ke Saudi, tentunya sejalan dengan komunikasi yang dilakukan dengan biro travel Umrah yang ditunjuk,” tandasnya. (HN/Kontributor)