Siap Siaga! Baznas Bantu Pemulasaran Jenazah Covid-19

Siap Siaga! Baznas Bantu Pemulasaran Jenazah Covid-19
Siap Siaga! Baznas Bantu Pemulasaran Jenazah Covid-19

Ibadah.co.id-Tim Baznas Tanggap Bencana (BTB) dan Baznas (Bazis) DKI Jakarta, terus bersiap siaga dalam membantu proses pemulasaran ataupun pengantaran jenazah pasien Covid-19 di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

“Sejak hari Ahad (4/7), tim kami telah melakukan pengantaran jenazah Covid-19 ke dua lokasi yaitu pejemputan dari RSUD Tarakan ke TPU Rorotan dan penjemputan dari RS Fatmawati ke TPU Pasir Putih Depok,” ujar Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin malam (5/7).

Saidah juga mencatat, angka pasien terkonfirmasi Covid-19 dan kematian akibat Covid-19 terus meningkat.

“Sebelumnya, tim Baznas juga beberapa kali telah terjun langsung dalam membantu pemulasaraan jenazah pasien Covid-19. Tim Baznas beserta seluruh relawan bekerja tak mengenal waktu dan tempat, karena selalu ada permintaan pemulasaran, baik dari pihak RSDC Wisma Atlet Kemayoran maupun dari warga yang memerlukan bantuan,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, Baznas telah meluncurkan delapan program darurat untuk membantu penanggulangan Covid-19. Diantaranya, 560 bantuan paket penggali kubur, bantuan 30 paket pemulasaraan jenazah untuk penyintas Covid-19, dukungan 500 paket ruang isolasi di Rusunawa Nagrak Cilincing.

Kemudian, oksigen bagi fasilitas kesehatan (faskes) di Jabodetabek yang mencapai 200 unit, bantuan 100 APD penggali kubur untuk pemakaman pasien Covid-19.

Lalu, bantuan pemulasaran jenazah isolasi mandiri, bantuan 1.000 paket imun untuk tenaga kesehatan (nakes), mustahik penyintas Covid-19, sopir ambulans.

Serta bantuan 20 tenda darurat untuk faskes se-Jabodetabek dalam upayanya membantu pasien.

Dalam memaksimalkan program tersebut, kata Saidah, Baznas RI turut mengerahkan 1.465 personel response team, 12 personel pemulasaraan, 200 nakes di 7 RSB, dan 279 unit ambulans yang siap siaga kapan pun dibutuhkan.

Baca Juga : BAZNAS Perkuat Program Darurat untuk Penanggulangan Covid-19

“Untuk itu, mari sama-sama kita jaga diri dan keluarga kita dari penularan Covid-19 dengan mematuhi PPKM darurat dan selalu menerapkan 5M,” ajak Saidah. (EA)

Baca Juga : Pegadaian Gelar Vaksinasi Untuk Perangi Covid-19