Gersik Putih: Nyambut Nifsu Sya’ban dengan Doa Bersama Melawan Covid-19

0
193

Ibadah.co.id-Malam Nisfu Sya’ban sebagai malam penyetoran segala amal manusia ke hadapan Allah, dan menggantinya dengan raport yang baru. Biasanya, warga desa termasuk Gersik Putih kecamatan Gapura berbondong-bondong mengikuti pembacaan Yasiin sebanyak 3 kali di masjid Nurul Huda.

Meskipun wabah virus corona belum selesai di Indonesia dan bertambah pelan perlahanan, namun warga yang sudah menjadi tradisi tidak gentar dan mengadakan dosa bersama di masjid Nurul Huda (08/04) jam 18.00 WIB setelah shalat Maghrib.

Kepala desa Gersik Putih Bapak Muhab mengatakan, agenda Nifsu Sya’ban selain mendoakan diri sendiri juga membantu mendokan masyarakat desa yang sedang ada di perantauan tetap dijaga oleh Allah dan kembali dalam keadaan sehat tanpa kegajala.

Para kiai dan sesepuh desa bergumpul bersama dan meminta perlindungan kepada Tuhan yang Maha Esa. K. Mohammad Syahid Munawar, memimpin pembacaan Yasiin sebanyak tiga kali dengan tiga niatan, di antaranya: Pertama, Pengampunan Dosa dan Panjang Umur. Kedua, Kesehatan terutama dari virus corona. Ketiga, Rezeki yang banyak dan manfaat.

Kemudian, setiap menyelesaikan satu pembacaan Yasiin, dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh K. Suto sesuai dengan permintaan atau hajat setiap Yasiin tersebut.

Menurut data Puskesmas Gapura peta sebaran covid-19 pada Tanggal (07/04) desa Gersik Putih sebanyak 54 Orang Dengan Pengawasan (ODP) sementara akumulasi kecamatan Gapura sebanyak 477 ODP. (HN/Kontributor)