Desak Israel, Misi Uni Eropa : Hentikan Penggusuran Rumah Warga Palestina!

Langgar Hukum Humaniter, PBB : Hentikan Penghancuran Rumah Rakyat Palestina
Langgar Hukum Humaniter, PBB : Hentikan Penghancuran Rumah Rakyat Palestina

Ibadah.co.id- Tindakan Israel yang menggusur warga Palestina di Yerusalem Timur dan menghancurkan rumah mereka merupakan tindakan ilegal. Penggusuran ini yang dapat menyebabkan lebih banyak kekerasan.

“Hukum Israel tidak memberikan Israel sebagai kekuatan pendudukan, untuk memenuhi kewajibannya mengelola wilayah pendudukan dengan cara yang melindungi penduduk setempat,” ujar pernyataan misi UE di Palestina, dilansir Arham, Selasa (6/7).

Misi UE di Palestina menyatakan bahwa kebijakan permukiman Israel adalah ilegal menurut hukum internasional. Hal ini merujuk pada tindakan sepihak yang diambil seperti pemindahan paksa, penggusuran, pembongkaran dan penyitaan rumah.

Dalam sebuah pernyataan Senin (5/7), misi Uni Eropa di Palestina mengungkapkan, pihak berwenang Israel pekan lalu menghancurkan sebuah toko Palestina di lingkungan al-Bustan di Yerusalem Timur.

Selain itu, pihak berwenang Israel memberikan perintah pembongkaran kepada pemilik beberapa bangunan dan 20 rumah lainnya. Lebih dari 1.000 warga Palestina yang tinggal di lingkungan Silwan di Yerusalem Timur menghadapi ancaman serupa.

Uni Eropa meminta pihak berwenang Israel untuk segera menghentikan kegiatan pembongkaran, dan memberikan izin yang sesuai untuk konstruksi hukum serta pengembangan komunitas Palestina.

Baca Juga : Desak Israel, Mustafa Sentop : Cabut Blokade Tidak Manusiawi di Gaza!

“Uni Eropa berkomitmen mencapai solusi dua negara yang memenuhi aspirasi Palestina untuk kenegaraan dan kedaulatan dan mengakhiri pendudukan yang dimulai pada tahun 1967,” kata pernyataan misi UE.

Orang-orang Palestina menganggap Yerusalem Timur, yang mencakup Masjid Al-Aqsa, sebagai ibu kota negara masa depan mereka. Sementara Israel bersikeras mempertimbangkan Yerusalem yang bersatu sebagai ibu kotanya. (EA)

Baca Juga : Haru! Pria Ini Rela Habiskan Waktu Rawat Puluhan Hewan Akibat Agresi Israel

3 COMMENTS