Take a fresh look at your lifestyle.

- Advertisement -

BAZNAS dan Tokopedia Bagikan 5 Tips Kelola THR dengan Bijak

0 1

Jakarta, Ibadah.co.id –Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI berkolaborasi dengan Tokopedia memberikan tips dan cara mengelola uang THR Lebaran 2024 dengan baik, salah satunya dengan mengutamakan pembayaran zakat fitrah.

Direktur Pengumpulan Badan BAZNAS RI, Faisal Qosim, Lc. CFRM., menyatakan THR merupakan hal yang sangat dinantikan oleh para pekerja. Momen penerimaan uang THR ini biasanya disalurkan untuk membeli kebutuhan lebaran dan mempersiapkan biaya pulang kampung.

“Kami mengimbau agar umat Islam mengutamakan pembayaran zakat fitrah sebelum mengalokasikan ke hal lainnya. BAZNAS telah bekerja sama dengan Tokopedia untuk memudahkan umat menyalurkan zakat fitrah,” ujar Faisal Qosim.

“Di zaman serba digital, masyarakat dapat dengan mudah menunaikan kewajiban zakat secara online yang sesuai dengan prinsip syariat Islam. Kemudahan ini dapat dilakukan di Tokopedia,” imbuhnya.

Faisal juga menyampaikan, zakat yang ditunaikan ke BAZNAS melalui Tokopedia akan disalurkan secara tepat sasaran kepada penerima manfaat oleh organisasi pengelola zakat yang tersertifikasi di Kementerian Agama Republik Indonesia.

“BAZNAS akan menyalurkan amanah ini, sesuai prinsip 3A, yaitu Aman Syar’i, Aman Regulasi, dan Aman NKRI. Jadi umat tak perlu khawatir dan yakin bahwa zakat itu akan disalurkan kepada pihak yang berhak sesuai ketentuan Islam,” katanya.

Sementara itu, External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita menyebutkan Tokopedia telah bekerja sama dengan BAZNAS dan lembaga pengelola zakat lainnya, untuk memberikan kemudahan bagi para pelanggan Tokopedia.

“Mengelola THR secara lebih bijak dan sesuai kemampuan sangat penting agar masyarakat bisa memenuhi berbagai kebutuhan jelang Lebaran tanpa menghabiskan THR tersebut,” kata Ricky.

Sebuah laporan menyatakan, sebanyak 67 persen masyarakat Indonesia berencana mengalokasikan 1/4 dana THR untuk pembelanjaan di Ramadhan 2024. Angka ini meningkat 26 persen dari angka di Ramadhan 2023 lalu.

“Untuk membantu para pelanggan setia Tokopedia, kami mempunyai lima tips agar uang THR yang diterima dalm rangka Lebaran 2024, dapat memberikan manfaat terbaik,” tuturnya.

Pertama, sisihkan dana untuk zakat fitrah dan salurkan melalui layanan online yang ada di Tokopedia.

“Pada fitur Zakat Fitrah di Tokopedia, pengguna dapat menerima sertifikat sebagai bukti resmi serta laporan terkait penyaluran dan distribusi zakat tersebut. Hasil donasi pengguna disalurkan oleh mitra lembaga kemanusiaan terhubung untuk memenuhi kebutuhan Ramadan bagi masyarakat yang membutuhkan,” ungkapnya.

Kedua, untuk memudahkan penyaluran pada keluarga, pelanggan dapat memilih layanan gift card, yang memungkinkan pelanggan Tokopedia memberikan hadiah Lebaran 2024 berupa uang tunai maupun voucher yang lebih praktis dan aman, serta memberikan kesan lebih personal.

“Gift Card Tokopedia dapat menjadi solusi untuk berbagi kepada orang tua atau saudara bagi perantau yang tidak mudik. Bahkan, data internal kami menunjukkan rata-rata nilai Gift Card Tokopedia per transaksi yang dilakukan pengguna Tokopedia di pada Ramadhan 2023 naik hampir 1,5 kali lipat dibandingkan bulan Ramadhan tahun 2022,” kata Rizky.

Ketiga, Tokopedia juga memberikan beragam pilihan perlengkapan Lebaran 2024 yang berasal dari brand lokal untuk para pelanggan.

“Tentunya pilihan ini lebih praktis dan ekonomis dibandingkan masyarakat harus pergi ke lokasi perbelanjaan. Tokopedia menyediakan cashback atau diskon saat berbelanja baju Lebaran. Misalnya, memanfaatkan kampanye online Tokopedia Fashion Ramadhan untuk mendapatkan berbagai pilihan baju lebaran untuk sekeluarga,” paparnya.

Rizky menyampaikan, kampanye online Tokopedia Fashion Ramadhan masih berlangsung hingga 14 April 2024 dengan berbagai penawaran, mulai dari kolaborasi eksklusif produk brand lokal fesyen dan rilisan spesial. 

“Keempat, pelanggan juga dapat mengirimkan hampers Lebaran penuh makna untuk kerabat di luar kota. Jadi, kita tetap dapat menunjukkan rasa sayang kepada kerabat di luar kota dengan mengirimkan hampers spesial Lebaran,” katanya.

Ia menjelaskan, Tokopedia juga menyediakan fitur Bagikan Alamat untuk mengirim hampers dengan lebih mudah di aplikasi Tokopedia sehingga pengguna tidak perlu memasukkan alamat yang dituju secara manual. 

“Ada juga fitur Kirim Sebagai Hadiah yang memungkinkan pembeli untuk meminta penjual membungkus hadiah sebagai hampers dan menuliskan kartu ucapan. Pembeli dapat menemukan penjual yang menawarkan fitur ini dengan memilih filter ‘Kirim Sebagai Hadiah’ di halaman pencarian,” kata Rizky.

Kelima, setelah semua keperluan terpenuhi, para pelanggan fokus pada persiapan mudik. Misalnya, untuk keperluan tiket, Tokopedia telah mempersiapkan promo-promo menarik untuk mendapatkan tiket pulang mudik dengan harga lebih hemat sehingga dana THR tetap aman.

Sumber : Baznas

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy