Ustaz Disabilitas Pencetak 40 Tahfidz Quran

Ibadah.co.id – Kondisi bukanlah menjadi penghalang untuk meraih sebuah mimpi. Begitu pula kisah perjuangan seorang ustaz penyandang disabilitas asal NTB, Nusa Tenggara Barat.

“Dari awal saya terlahir dengan kondisi seperti ini. Saya menghafal al-Quran di Jakarta. Saat itu saya tidak memiliki pengalaman yang cukup. Saya hanya bermodalkan tekad dan tawakkal kepada Allah. Akhirnya saya berjalan di Jakarta, padahal saya tidak tahu al-Quran itu apa? Menghafal al-Quran itu seperti apa?” tutur Abu Bakar Talib dalam sebuah video unggahan akun @briyyans, 20 Juni 2020.

Ustaz satu ini mampu menyelesaikan hafalan al-Quran 30 juz itu dalam kurun waktu satu tahun 2 bulan. Merupakan niat yang cukup membara hingga dia bisa menyelesaikannya dalam waktu yang cukup singkat.

Usai perjuangannya dalam menghafal al-Quran, ustaz Abu Bakar Talib diamanahkan menjadi pimpinan Al-Hayah di Sumedang. Selama kepemimpinannya yang hampir dua tahun, ustaz penyandang disabilitas ini sudah mencetak 40 lebih hafidz dan hafidzoh. Tidak hanya berhenti di situ saja, beliau juga berdakwah, dan memberi motivasi kepada para pemuda dan orang tua. Semangatnya yang tak pernah surut, meskipun ia harus melakukannya dengan kondisi yang serba kekurangan. Yakni berjalan dengan satu kakinya. Dia tetap memberi tausiah dari majelis, dan masjid.

“Alhadulillah, selama kepemimpinan saya, semua berjalan lancar. Dengan kondisi yang seperti ini, walaupun saya berjalan mondar mandir, bukan menjadi hambatan buat saya meskipun ada suka dukanya,” tuturnya sekali lagi. (HN/Kontributor)