Take a fresh look at your lifestyle.

- Advertisement -

Tingkatkan Ekonomi Syariah, Muhammadiyah dan BI Jalin Sinergi

0 5

Ibadah.co.id – Dalam rangka meningkatkan ekonomi syariah di Indonesia, PP Muhammadiyah dan Bank Indonesia (BI) menjalin sinergi.

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan bahwa ke depannya pihaknya akan terus meningkatkan kerjasama dengan ormas-ormas Islam lain demi kemajuan ekonomi syariah di indonesia.

Seperti dilansir nasional.kontan.co.id pada19/9/21, Bank Indonesia berkomitmen untuk terus memperkuat sinergi dan mempererat persaudaraan dengan berbagai komponen masyarakat dalam mengakselerasi ekonomi dan keuangan syariah, guna mendorong pemulihan ekonomi nasional termasuk dengan unsur organisasi masyarakat (ormas).

Dalam kerangka ini, Bank Indonesia dan PP Muhammadiyah menandatangani Nota Kesepahaman yang digelar secara virtual, Jumat (17/09), demi memperkuat kerja sama yang telah dilakukan selama ini.

Gubernur BI, Perry Warjiyo, dalam sambutannya menyampaikan, di tengah pandemi Covid-19 masyarakat harus terus bersyukur, karena Indonesia bangkit dan optimis dalam menjalin sinergi, mempererat persaudaraan, merapatkan barisan berjamaah serta bersama berikhtiar menghadapi tantangan.

“Kerjasama ini melanjutkan kerjasama sebelumnya yang telah dilakukan juga dengan sejumlah kalangan seperti ormas Islam dan asosiasi, dan ke depan akan terus dikembangkan kerjasama dengan berbagai pihak atau ormas lainnya,” kata Gubernur BI, Perry Warjiyo dalam laporannya, Minggu (19/9).

Lebih lanjut, Perry Warjiyo menuturkan 3 (tiga) aspek penting dalam kerja samanya dengan PP Muhammadiyah. Pertama, pengembangan ekonomi syariah melalui pemberdayaan ekonomi berbasis umat. Beberapa pendekatan dalam pengembangan tersebut di antaranya pendekatan klasterisasi kelompok, peningkatan kapasitas bantuan teknis, akses pembiayaan dan digitalisasi.

Kedua, ilmu yang diamalkan, dalam hal ini Bank Indonesia melakukan berbagai program pengembangan ekonomi keuangan syariah di antaranya dalam bentuk pelatihan, berbagai program pemberdayaan ekonomi dan keuangan syariah termasuk mengelola wakaf produktif.

Ketiga, menjaga silaturahim dan saling tolong menolong, saling mengingatkan dan mengajarkan dalam hal kebajikan.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, turut menyampaikan dua hal yang menjadi harapan dalam pengembangan ekonomi syariah. Pertama, untuk meningkatkan kualitas ekonomi umat dari menengah agar naik kelas ke tingkat atas dalam kualitas unggul dan terbaik.

Kedua, ekonomi dan keuangan syariah diharapkan mampu hadir secara nyata dan semakin baik untuk mengangkat harkat martabat dan memajukan UMKM, mengentaskan kemiskinan dan kesenjangan sosial serta masalah ekonomi yang dihadapi umat terutama akibat dampak pandemi. Pengukuhan kerja sama Bank Indonesia dengan PP Muhammadiyah diharapkan dapat menjadi bagian dari upaya kebangkitan ekonomi umat dalam berkontribusi mendorong pemulihan ekonomi nasional. (RB)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy